Siem Reap- Cambodia, susahnya menghindari makanan tak ber-baboy



(Repost from my Multiply)

Siem Reap-Cambodia Desember 2009 lagi musim panas.


Kalo di kotanya sih ga terlalu berasa, karena Siem Reap udah kaya kota-kota di Indonesia yang kalau ada objek wisata terkenal, maka berpengaruh sama seluruh kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitarnya. Banyak hotel, guest house, resto dan toko2 lain sesuai kebutuhan turis macem laundry, toko cinderamata, spa, ato warnet. Objek terkenal itu ga lain adalah komplek Candi Ankor Wat yang tersohor di seluruh dunia.


Tapi karena hari ini jadwal acaranya community service, yaitu kerja bakti ke sekolah di desa yang di funding sama perusahaan, jadinya kita mesti ke desa yang jalanannya off road, padahal pake minibus tour..hahaha...dan gue paling belakang udah humping around aja. Belum lagi debu yang ya ampunnn....ngebulll parah.
Dari situ gue baru bener-bener tahu, Cambodia memang negera dunia ketiga, ingin rasanya gw pergi ke desa terpencil di Indonesia, sekedar cari tau ada gak yang sama dengan desa yang gue datengin hari ini.

Funding perusahaan kita jadi sebuah bangunan sekolah beton satu lantai dengan 4 ruangan besar. Ini jauh lebih baik di banding sekolahan mereka yang lebih buruk dari sekolahnya si Lintang di Laskar pelangi...sumpah.





Ngomong-ngomong soal candi, Cambodia itu ternyata punya banyak candi yang tersebar di seluruh pelosok negerinya. Ada lebih dari seribu candi yang biasanya ada di hutan-hutan terutama di daerah Siem Reap, lokasi komplek candi Angkor wat yang megah itu berada. Indonesia boleh berbangga loh punya candi yang besar, karena temen phinoy gw yang beda office bilang di negaranya ga punya tuh candi model begitu, yang dari abad lampau maksudnya.
Btw, karena candinya ga cuma di Angkor wat tapi tersebar di beberapa tempat dan ga mungkin bisa ngiterin dalam satu hari, jadi sistem tiketnya high tech loh. Kita bisa beli tiket terusan 3 hari dengan foto di tiket kita, yup! foto di tiket kita-hahaha. Kapan lagi punya kenang-kenangan tiket candi pake foto pribadi :D.

Sebenernya sih ini buat ngehindarin turis iseng yang pake tiket bareng, jadi pengelola ga rugi deh. Btw harga tiketnya 40 USD, lumayan mahal....untung semuanya dibayarin kantor, hahaha..oh iya...di Siem Reap, USD sangatlah terkenal. Seperti di Indonesia, banyak pedagang kaki lima yang ngejar-ngejar para turis dan menawarkan dagangan mereka. Hampir seluruh dagangan pengennya di beli pake dollar.


"one dollar, sir...one dollar...." seorang anak kecil menghampiri kita sambil membawa gelang-gelang anyaman dagangannya.
"I know you are from Philippines" kata anak kecil kira2 10 tahunan itu ngomong ke temen gw.
"Hey, how do you know?" temen gw yang emang dari pilipina sedikit terkejut tebakan si anak kecil tadi benar.
"So, can you guess where i'm from?" gw bertanya iseng pada anak itu.
"You also from Philippines" katanya sok tahu..
"EEEE...you are wrong, kiddo" gw nyengir lalu buru-buru meninggalkan anak tadi yang terus nawarin dagangannya ke kita-kita.

Satu lagi, ternyata film Tomb Raider-nya Anjelina Jollie itu ngambil gambarnya lebih banyak di candi Ta Prohm dari pada Candi Angkor Wat.....


Susah banget menhindari makanan tanpa babi. Babi udah kaya kambing di sini dan hampir semua jenis makanan yang di sajiin di hotel yang gue tinggali ini ada aja menu pake babinya. Jadi gue mesti rajin bertanya atau rajin baca papan nama makanannya dulu sebelum gue makan. Malahan tadi malem, ada babi guling nangkring dengan manisnya di acara dinnner, dan ini gongnya.....(kalo kata naomi)...stan babi guling paling laku diantara stand makanan lain...hahahaha...gue nyium baunya aja udah uekkk....btw, yang ga makan babi cuma gue, temen melayu s'pore gue dan adiknya big boss yang kebetulan vegetarian. No wonder stan itu paling laris manis tanjung kimpul..i'll upload the babi guling pics, later. hahaha...


Seperti biasa, pas gue turun dari minibus, orang-orang lokal langsung heboh liat gue, lebih heboh dari daripada liat bule-bule kolega gue ato china-china itu. Mereka heran kali ya, liat orang pake kaen di kepala hehehe...yah, orang kotanya aja masih suka aneh liat gue, apalagi orang desanya...nasip-nasip.

Nanti malem ada free night, mudah2an saya bisa menghindari alkohol...hahahahahaha.....ya emang ga pernah minum juga sih, walo berkali-kali tiap coctail party sebelum dinner selalu di tawari wine, or beer secara waiternya kaga tau kalo orang yg di bungkus kepalanya biasanya sih kaga minum alkohol.


btw, baboy means babi bahasa tagalog.

No comments: